Terapi Menulis untuk Anak Berkebutuhan Khusus tipe ADHD

Senda Irawan's Blog

Anak berkebutuhan khusus?Raihan Murid ABK saya tipe ADHD

Apa yang sahabat pikirkan ketika mendengar Anak Berkebutuhan Khusus? Mungkin sahabat akan berpikir kasihan, membingungkan dan butuh pertolongan. Bila ini ada di pikiran sahabat, mungkin saja benar.

Beberapa minggu terakhir ini saya disibukkan dengan mengajar menulis ABK dengan tipe ADHD. Anak dengan tipe ini sepintas mirip dengan autis, sayangnya pada kenyataannya kecerdasannya masih di bawah anak autis. Sehingga dalam pengajaran mereka sulit menangkap apa yang kita terangkan.

Raihan, 16 tahun, murid saya dengan tipe ADHD ini sebenarnya memiliki hobi mengetik komputer. Hal ini jadi modal yang sangat baik untuk mengarahkan dia menulis. Meski begitu tidak semudah itu, Raihan bisa berkosentrasi penuh, karena saya harus sadar Raihan adalah anak ADHD yang punya banyak energy untuk melakukan banyak hal di luar yang dia suka.

Tahap pertama mengajar pertama

Saya mencoba berkoordinasi dengan shadow teacher-nya perihal sejarah Raihan dan perkembangannya di sekolah. Dari sini saya mendapatkan fakta menarik tentang Raihan…

View original post 651 more words

Leave a Reply

