Dukungan untuk Orang Tua dari Anak Dengan Kebutuhan Khusus

P_Support_SpecialNeeds_enHD (1)

       Ketika kebanyakan orang tua berpikir tentang tindakan juggling yang terlibat dalam membesarkan sebuah keluarga, mereka berpikir tentang permainan sepak bola koordinasi dengan praktek balet dan berbelanja.

        Tapi jika Anda orang tua dari seorang anak yang sakit atau memiliki kebutuhan khusus, Anda mungkin melibatkan jadwal kunjungan dokter, sesi terapi, dan menunggu dokter dan perusahaan asuransi untuk kembali panggilan telepon Anda. Dan kemudian ada kelelahan dan khawatir tanpa akhir yang sepertinya tidak pernah mereda.

         Apa yang Anda butuhkan adalah bantuan. Tapi bagaimana bisa Anda mendapatkannya? Berikut adalah enam saran untuk membuat hidup Anda sedikit lebih rumit.

  1. Menerima bantuan dari teman dan keluarga. Semua orang sibuk dan itu membuat sulit untuk meminta atau menerima bantuan. Bagi beberapa orang, sulit untuk membiarkan anak-anak Anda atau bantuan mitra karena mereka tidak mungkin melakukan hal-hal dengan cara yang sama Anda melakukannya. Atau mungkin membiarkan orang lain tahu bahwa Anda merasa stres atau kewalahan tidak hanya gaya Anda. Setelah semua, orang tua diharapkan untuk menjadi baik di multitasking dan menyulap anak-anak mereka dan kebutuhan mereka sendiri. Jika Anda merasa lelah dan marah dan telah menerima bahwa Anda memerlukan bantuan, meminta untuk itu adalah langkah berikutnya. Beralih ke orang lain bukanlah tanda kelemahan melainkan salah satu kekuatan. Pengisian baterai Anda sesekali dapat membantu Anda menjadi orangtua yang lebih baik, mitra, dan orang.
  2. Bersikaplah jujur ​​tentang apa yang Anda butuhkan. Dengan membiarkan orang tahu betapa sulitnya situasi Anda, Anda mengizinkan mereka masuk ke dalam dunia Anda. Ketika Anda mengatakan, “Pergi ke rumah sakit sendiri sulit,” Anda memberikan teman kesempatan untuk mengatakan, “Biarkan aku ikut denganmu.” Ketika Anda mengatakan itu kadang-kadang sulit untuk mendapatkan makan malam di meja, kekasih Anda tahu bahwa pengiriman makanan hangat akan sangat dihargai.
  3. Buat daftar kebutuhan. Berapa kali Anda mendengar seseorang berkata, “Biarkan aku tahu apakah aku bisa melakukan apa-apa.” Dan berapa kali Anda berkata, “Aku akan” – dan kemudian tidak? Orang-orang ingin membantu, tapi mereka tidak tahu bagaimana. Buatlah daftar hal-hal yang akan membuat hidup Anda lebih mudah. Kemudian, sesuai dengan tugas dengan teman yang akan memiliki waktu termudah membantu Anda keluar. Apakah Anda memerlukan bantuan mengambil anak-anak lain dari sekolah? Tanyakan seorang tetangga yang sudah mengambil anak-anak sendiri. Mintalah kakek-nenek dan saudara untuk melakukan hal-hal yang mereka nikmati, apakah itu menonton anak Anda untuk memberikan Anda istirahat atau memasak  siap makanan. Kemudian menawarkan hangat “terima kasih” untuk membiarkan mereka tahu betapa bersyukurnya Anda. Di hari ini dan usia, media sosial dapat meringankan beban bertanya. Memposting kebutuhan Anda pada halaman media sosial pribadi atau mendaftar di salah satu situs pengasuh yang memungkinkan Anda untuk membuat daftar kebutuhan Anda (misalnya, makan dua kali seminggu, rumput dipangkas mingguan, pendamping untuk kunjungan rumah sakit) jadi teman-teman dapat mendaftar untuk tugas-tugas yang paling sesuai dengan kemampuan mereka dan jadwal.
  4. Mintalah pengasuh lainnya. Orang tua dari anak-anak dengan kebutuhan khusus sering merasa bahwa mereka adalah satu-satunya yang bisa menangani perawatan anak mereka. Hal ini memang benar ke mana, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak bisa pergi selama beberapa jam setiap sekarang dan kemudian. Dengan meninggalkan anak Anda dengan pengasuh atau anggota keluarga yang dipercaya Anda mengajar anak Anda untuk menangani perubahan. Anak Anda akan mengembangkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi bahwa setiap anak berhak untuk belajar, terlepas dari kesehatan secara keseluruhan. Untuk memastikan orang yang membantu Anda adalah untuk tugas itu, mempertimbangkan pelatihan pengasuh. Banyak rumah sakit dan negara lembaga pelayanan sosial menyediakan kelas untuk saudara, orang tua, kakek-nenek, guru, dan pengasuh anak.
  5. Pertimbangkan perawatan kesehatan di rumah. Beberapa perusahaan asuransi akan menutupi biaya seorang pembantu kesehatan di-rumah atau perawat mengunjungi selama beberapa jam seminggu jika masalah medis anak Anda yang kronis atau berat. Hubungi penyedia manfaat Anda untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat. Layanan tangguh juga tersedia untuk anak-anak dengan gangguan perkembangan, termasuk autisme. Layanan ini dapat mencakup pengasuh datang ke rumah Anda untuk memberikan istirahat selama beberapa jam atau semalam. Mencari persahabatan. Mencari bantuan tidak selalu berarti meminta seseorang untuk melakukan sesuatu. Seringkali apa yang paling dibutuhkan pengasuh adalah untuk mempertahankan kontak dengan teman dan keluarga. Itu akan sulit, namun, ketika anak-anak Anda membutuhkan Anda dekat. Jadi meminta seorang teman untuk datang setelah anak-anak pergi tidur. Bicara selama teko kopi, berbagi makanan, atau menonton film. Luangkan waktu untuk menghubungkan dan tertawa dengan orang lain dan membebaskan diri dari kekhawatiran yang biasa Anda.

          Sebagai orang tua dari seorang anak dengan kebutuhan khusus, beban tidak harus pada Anda untuk membuatnya lebih mudah bagi seseorang untuk membantu Anda. Anda memiliki cukup di piring Anda. Selain itu, kebanyakan orang ingin membantu.

          Jika Anda membiarkan teman-teman Anda atau keluarga tahu apa yang Anda butuhkan, mereka akan tahu bagaimana untuk membantu Anda dan merasa kurang terbebani – dan itu tidak hanya baik untuk Anda, tapi untuk seluruh keluarga Anda.

sumber : http://www.brennerchildrens.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s